Daftar Nama Islam & Artinya untuk Anak Laki & Perempuan

Dahulu di zaman Nabi Shollallahu 'alaihi wasallam dan para shahabatnya Radhiallohu anhum, ketika ada salah seorang diantara mereka yang mendapatkan kabar gembira dengan kelahiran anaknya, maka segera mereka membawanya ke pangkuan Nabi Shollallahu 'alaihi wasallam untuk di "Tahnik" dan diberi nama serta dido'akan. Sebagaimana dikisahkan dalam riwayat berikut ini :

عَنْ أَبِى مُوسَى - رضى الله عنه - قَالَ وُلِدَ لِى غُلاَمٌ ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ وَدَفَعَهُ إِلَىَّ
Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu berkata, "Lahir seorang anakku maka aku membawanya ke hadapan Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam maka beliau memberinya nama Ibrahim dan beliau mentahniknya dengan kurma serta mendo’akan barakah untuknya. Kemudian beliau menyerahkan bayi itu kepadaku.” [Dikeluarkan oleh Al-Bukhari (5467 Fathul Bari) Muslim (2145 Nawawi), Ahmad (4/399), Al-Baihaqi dalam Al-Kubra (9/305) dan Asy-Syu’ab karya beliau (8621, 8622)]

Adapun di zaman ini, dengan tersebarnya informasi yang sangat cepat dan menjangkau ke seluruh pelosok dan penjuru negeri, pemberian nama kepada anak bayi yang baru lahir bukanlah hal yang sulit dan susah meskipun terkadang membuat bingung karena banyaknya contoh nama-nama yang ada sementara yang harus dipilih hanya salah satu diantaranya.

Mari hilangkan kebingungan tersebut dengan mendatangi orang-orang sholeh, atau minimal membaca tulisan para ulama berkaitan dengan nama-nama yang baik di dalam Islam untuk anak-anak kita.

Jauh-jauh hari sebelum anak pertama kami lahir namanya sudah siap, karena ketika di USG belum jelas apakah pria atau wanita maka disiapkanlah nama-nama yang indah untuk anak laki-laki dan juga untuk anak perempuan.

Walhamdulillah, setelah lahir pada rabu malam tanggal 8 Muharram 1434 H bertepatan dengan 21 Nopember 2012 M (21-11-'12 [no. cantik]) ternyata dia seorang gadis, maka kamipun memberinya nama "FATIMAH AZZAHRA"

Keluarga dan handai taulan yang datang menjenguknya, memanggilnya dengan berbagai macam panggilan, ada yang memanggilnya "becce"; "bongko'"; "Ima"; "Zarah" dan seterusnya, yang rata-rata terdiri dari dua suku kata.

Akhirnya kami-pun sepakat memanggilnya dengan panggilan "FATIMAH" secara lengkap atau "DIMAH" secara singkat, sehingga tidak sekedar nama tapi memiliki arti dan makna.

Siapa diantara kita yang tidak mengenal "FATIMAH AZZAHRA"...???

Kenapa sebagian orang lari dan menjauh dari memberikan nama bagi putra dan putrinya dengan nama orang-orang sholeh terdahulu...???

Bukankah didalam sebuah hadits shahih dari al-Mughirah bin Syu’bah radhiallahu ‘anhu dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

« إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ »
“Mereka dahulu suka memakai nama para nabi dan orang-orang shalih yang hidup sebelum mereka.” (HR. Muslim no. 2135)

Untuk itu, bagi pembaca yang lagi menanti datangnya buah hati berikut ini sebuah program yang ringan dan bisa di Download gratis untuk membantu ayah dan bunda mendapatkan ide nama-nama yang indah bukan sekedar enak didengar tapi juga berarti dan penuh makna.


Kamus Al Asma' (الأسماء) merupakan program kamus yang berisi nama-nama anak islami disertai dengan tulisan Arab, arti dalam Bahasa Indonesia dan Inggris serta nama-nama serupa. Kamus ini gratis dan bisa disebarluaskan.

Semoga daftar nama-nama islam untuk anak yang terdapat dalam program tersebut bermanfaat dan menjadi rujukan Ayah dan Bunda dalam mempersiapkan nama untuk putra dan putrinya.


4 komentar

Sangat bermanfaat. Terima kasih

This comment has been removed by a blog administrator.

(SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]