Cara Mencegah dan Mengurangi Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Tips Agar Jantung Tetap SehatMendengar kedua penyakit ini yaitu jantung dan stroke, ngeri rasanya, bagaimana tidak..?!?!?, banyak dari orang terdekatku yang meninggal disebabkan keduanya, bahkan masih ada diantaranya yang bertahan hidup dengan menderita penyakit ini. Saya pribadi-pun di vonis memiliki jantung yang bermasalah oleh teman-teman yang berprofesi sebagai dokter serta thobib atau herbalis, lantaran kedua telapak tangan terkadang basah disebabkan keringat.

Berikut ini sebuah artikel yang dikirim oleh admin klikdokter.com ke e-mail-ku, yang sudah diposting di website-nya, semoga bermanfaat..


Inilah Makanan Pencegah Stroke & Sakit Jantung
Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

KLIKDOKTER.com – Cara makan yang baik dan sehat adalah pola makan yang dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat).

Karena kolesterol jahat jika dibiarkan lama di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis. Atherosclerosis adalah suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang sering menyebabkan serangan jantung dan kematian. Untuk mencegah penyakit ini ternyata ada lho diet yang bisa kita lakuin.

Berikut adalah strategi nutrisi untuk mengurangi risiko penyakit jantung :
  1. Konsumsi ikan lebih banyak
    Ikan merupakan sumber dari protein dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. The American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu.
  2. Konsumsi sayur, buah, gandum, dan kacang
    Makanan natural ini merupakan strategi yang cukup kuat untuk melawan penyakit jantung
  3. Pilih lemak yang tepat
    Lemak tidak selamanya jahat, lho. Lemak masih dibutuhkan tubuh untuk melarutkan vitamin A,D,E, dan K. Sekaligus sebagai penghasil energi tertinggi. Tapi kalau kebanyakan justru jadi masalah, oleh karena itu ikut kiat berikut ini:
    1. Membatasi total lemak
    2. Kurangi konsumsi trans fat (lemak tak jenuh) dan tidak lebih dari 7% - 10% lemak jenuh. (misalnya mentega, makanan gorengan, makanan manis, dan saus salad).
    3. Bila ingin menambah lemak gunakan lemak yang tinggi dengan lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda (misalnya kanola, olive, atau minyak kacang).
  4. Perbanyak variasi makanan
    Makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging atau produk susu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi untuk mengurangi resiko nutrisi dengan menyeimbangkan antara protein dari daging binatang, ikan, dan sayur.
  5. Kurangi konsumsi kolesterol
    Peroleh energi dengan memperbanyak karbohidrat kompleks (pasta, kentang dan roti gandum) dan kurangi gula, minuman bersoda serta makanan atau minuman manis.

Beberapa strategi lain:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter di laman website Klikdokter.com. Selamat mencoba!

Baca juga:

Jika ingin bertanya ke Dokter website Klikdokter.com, Silahkan klik disini

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]