“Pengantar Ilmu Tafsir”

Kajian Intensif Sabtu-Ahad “Pengantar Ilmu Tafsir” – Makassar
Empat kali ayat berikut ini terulang di dalam Al Qur'an, di dalam surah yang sama yaitu Al Qomar, dimana Allah Subhanahu wa'ta'ala berfirman :
{وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ}
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? [Al Qomar (54): 17, 22, 32 & 40]

Ini merupakan motivasi dan dorongan agar kita senantiasa membaca dan mempelajari Al Qur'an.

Orang-orang yang pro perayaan maulid Nabi, mengutip beberapa ayat untuk melegalkan acaranya tersebut, diantaranya potongan ayat dalam Surah Yunus ayat 20, dimana Allah Subhanahu wa'ta'ala berfirman :
{فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا} [يونس: 58]
Hendaklah dengan itu mereka bergembira. [Yunus (10): 58]


Bentuk kegembiraannya adalah dengan merayakan maulid Nabi.
Pertanyaannya : Adakah kitab tafsir yang menjelaskan bahwa Nabi atau para Sahabat-nya yang ayat Al Qur'an diturunkan di zamannya, mengamalkan ayat ini, dengan merayakan maulid Nabi sebagai bentuk kegembiraan..???

Contoh kedua, adalah potongan Ayat yang terdapat dalam Surah Huud ayat 120, dimana Allah Subhanahu wa'ta'ala berfirman :
{وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ} [هود: 120]
Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; [Huud (11): 120]


Berdalih dengan potongan ayat diatas untuk melegalkan maulid juga menimbulkan banyak pertanyaan, diataranya :
  • Betulkah ketika maulid, diceritakan semua kisah dari Rasul-Rasul..?? atau Hanya Rasul Shollallahu 'alaihi wasallam saja..?!?!? bukankah ayat diatas menyebutkan "semua kisah dari rasul-rasul"..!?!?!?
  • Kenapa tidak rayakan sekalian maulid semua rasul..!!?!?! Natal misalnya, bukankah ini maulid kelahiran Yesus [versi Non Muslim], Nabi Isa Alaihissalam..?!?!?
  • Adakah kitab tafsir yang menjelaskan bahwa Nabi atau para Sahabat-nya yang ayat Al Qur'an diturunkan di zamannya, mengamalkan ayat ini, dengan merayakan maulid Nabi yang didalamnya diisi acara menceritakan kisah Rasul..???
Berkaitan dengan maulid Nabi sebagian orang tidak ikut merayakannya, kenapa..??? Diantara argumen mereka bisa ditemukan di link berikut ini :

Al Imam Al Bukhari dalam kitab shohihnya membuat sebuah bab "Al Ilmu Qobla Al Qaul wal Amal" Ilmu dulu sebelum berbicara dan berbuat, tentu sebagai peringatan bagi kita agar memiliki ilmu tentang perkataan ataupun perbuatan sebelum kita mengatakan atau melakukannya, namun kebanyakan orang, pokoknya berbuat saja dulu nanti baru kita cari-cari dalih pembenaran atas apa yang diucapkan dan dilakukan tersebut.

Apalagi berbicara tentang Al Qur'an, mengutip ayat-ayat-nya sebagai pembenaran atas pendapat dan perbuatan tertentu, tentu sedikit banyaknya membutuhkan ILMU TAFSIR, sekedar info, bagi yang punya waktu dan kesempatan :

Bismillah,
Insya Allah, dengan mengharap ridha Allah Ta’ala,
Hadirilah …

Kajian Intensif Sabtu-Ahad
PENGANTAR ILMU TAFSIR
(Syarah Kitab Manzhumah Az-Zamzamy Karya Syaikh Abdul Aziz Az-Zamzamy -rahimahullah-)

Oleh Al-Ustadz Dzulqarnain M. Sunusi
(Pengasuh Mahad As-Sunnah Makassar)

Selama 7 Sesi WITA
Sabtu, 16 Rabiul Awal 1435 / 18 Januari 2014

  • Pukul 09.30-12.00
  • Pukul 16.00-18.00
  • Pukul 18.30-21.00
Ahad, 17 Rabiul Awal / 19 Januari
  • Pukul 05.30-08.00
  • Pukul 10.00-12.00
  • Pukul 16.00-18.00
  • Pukul 18.30-21.00
Di Masjid As-Sunnah
Jl. Baji Rupa No. 8 Makassar

Disiarkan Langsung di:

  • www.dzulqarnain.net dan www.an-nashihah.com
  • Winamp URL: http://radio.an-nashihah.com:7020/
  • BB/Android melalui aplikasi Erdioo: Radio An-Nashihah Makassar
Info:
0853 9909 0004
0852 4292 0351

Terbuka untuk Umum, Muslim dan Muslimah

Kajian Intensif Sabtu-Ahad “Pengantar Ilmu Tafsir” – Makassar


Semoga kesempatan ini tidak disia-siakan bagi yang diberikan kemudahan, karena betapa banyak orang yang ingin belajar namun ada saja hal-hal yang menghalanginya, diantaranya, cuaca buruk yang terjadi sebagaimana peringatan dari BMKG bahwa Tinggi Gelombang Laut Berkisar Antara 2.0 S/d 4.0 Meter Di Selat Makassar Bagian selatan, selat Makassar Bagian tengah, perairan Barat Sul-sel, perairan Kepulauan Salabana, perairan Kepulauan selayar Dan Laut Flores. Hal ini mengakibatkan tertundanya penyeberangan Fery ASDP dari dan ke Pamatata Selayar - Bira Bulukumba dalam beberapa hari ini.

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]