[Download] Pidato Dua Bahasa - Indonesia Arab | Madrasah; Selalu Istimewa

[Download] Pidato Dua Bahasa - Indonesia Arab | Madrasah; Selalu Istimewa
Tema : Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah
Judul : Madrasah; Selalu Istimewa

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hamdan wa syukran lillah, washolatu wassalamu 'ala Rasulillahi wa 'ala 'alihi washohbihi wamawwala, amma ba'ad.

Dewan juri yang terhormat, para guru, teman-teman dan hadirin yang kami cintai.

Tentu menjadi hal yang pertama dan utama kami sampaikan, segala pujian dan rasa syukur kehadirat Allah atas segala nikmat yang diberikan-Nya. Seraya mengirimkan Salam dab SAlawat atas Nabiullah Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam, yang telah menggulung tikar gelapnya masa jahiliyah dan menggelar permadani dengan cahaya Islam di masa sekarang ini. Begitupun kepada Keluarga dan Sahabat beliau serta kaum muslimin yang tetap istiqomah hingga akhir zaman.

Hadirin dan hadirat yang kami cintai karena Allah.

Izinkanlah kami di kesempatan yang berbahagia ini, mehyampaikan sebuah pidato sebagai bentuk luapan rasa bahagia dan bangga sebagai siswa ataupun santri yang menuntut ilmu di madrasah dengan mengangkat judul, "Madrasah; Selalu Istimewa".

Anak yang shalih dambaan para orang tua. Dalam mewujudkan keinginan besarnya tersebut, orang tua harus paham betul bahwasanya anak sama seperti kertas kosong, yang nanti merekalah yang mewarnainya apa. Anak itu fitrah, sebagaimana hadits Nabi Shollallahu 'alaihi wasallam mengatakan : "Setiap bayi yang lahir dalam keadaan fitrah (suci), maka (lantaran perlakuan) orang tuanyalah menebabkan anak bisa berubah menjadi yahudi, majusi atau nasrani." (Muttafa 'alaih).

Untuk itu, sedari kecil seorang anak perlu dibekali pendidikan yang menitipberatkan pada nilai-nilai agama. Karena pendidikan keagamaan merupakan pondasi dalam pembangunan watak, kepribadian dan karakter anak yang shalih. Dalam hal ini, yang perlu menjadi perhatian orangtua adalah sekolah yang mampu menghantarkan anaknya pada keshalihan tersebut.

Bapak ibu, hadirin sekalian yang sama berbahagia.

Ketia kita ditanya tentang hal ini, tentu kita semua sepakat, tempatnya adalah madrasah. Yah Madrasah. Madrasah hadir dengan nuansa Islam yang kental di dalamnya, pendidian keagamaan begitupun pendidikan umum dalam kurikulum yang dipelajari -insya Allah- mampu menjawab keinginan orangtua yang mendambakan anak shalih dan shalihah. Inilah yang menjadikan madrasah selalu istimewa.

Keistimewaan madrasah dapat kita rasakan pada berbagai hal berikut;

Yang pertama, penanaman aqidah shahihah yang menghantarkan pada akhlaqul karimah.
Bapak, Ibu, Hadirin sekalian. Akhlak adalah mutiara yang hilang di generasi ini. Kelakuan anak terhadap teman, guru, bahkan orangtuanya sudah diambang batas kewajaran. Begitu banyak berita yang miris kita dengar. Ini tidak lain karena jahilnya mereka terhadap agama mereka sendiri. Jauh dari pendidikan keislaman, tidak terbangunnya pemahaman yang benar tentang aqidah yang jelas, sehingga mereka memiliki persepsi terbalik, menyimpang dari jalan yang hak. Jadilah mereka pada akhirnya generasi yang memiliki akhlak yang buruk.

Karena itu, terima kasih yang tak terhingga untuk para orangtua kami, yang ingin melihat kami menjadi generasi cemerlang, pribadi yang mampu menangkal perangai yang buruk dengan berpemahaman yang benar. Pilihanmu menyekolahkan kami di madrasah sudah tepat.

Kemudian yang kedua, penguasaan bahasa sangat ditekankan, terutama bahasa Arab sebagai bahasa Al Qur'an dan bahasa Inggris sebagai bahasa global.

Yang ketiga, Bapak Ibu Hadirin sekalian. Hal-hal lainnya yang menambah tsaqofah keislaman kami. Penelusuran terhadap sejarah kebidayaan Islam; karena bagaimanapun juga Islam ini tidak akan jaya sebelum kita kembali kepada apa kyang menjayakan Islam di masa lalu. Penerapan fiqh dan segala hal yang menghantarkan kami semakin mencintai Al Qur'an dan As Sunnah. Adapun pendidikan umum tidak diragukan lagi, semua menjadi istimewa di Madrasah.

Bapak Ibu, Hadirin yang sama berbahagia. Dewan Juri yang kami hormati.

Saya kira apa yang saya sampaikan pada pidato ini, cukuplah menjadi gambaran betapa istimewanya menuntut ilmu di madrasah. Dan mari kita teriakkan: madrasah lebih bai, lebih baik madrasah.

Subhanakallahuma wabihamdi, Asyhadu alla ilaaha illa Anta, astaghfiruKa wa atuwbu ilayKa.

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


اَلْمَوْضُوْع : اَلْمَدْرَسَة أَفْضَل وَأَحْسَن
اَلْعُنْوَان : اَلْمَدْرَسَة مُمْتَازَة
بِسْمِ الله الرَّحْمَن الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
حَمْدًا وَشُكْرًا لله، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ الله وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالاَه، عَمَّا بَعْد.
اَلْمُحْتَرَمُوْن
لَجْنَةُ التَّحْكِيْم والأساتذة وأَيُّهَا الْإِخْوَة وَالْحَاضِرُون اْلأَحِبَّاءُ
قَبْلَ كُلِّ شَيْئٍ اَلأَوَّل وَالرَّئِيْسِي أَنْ نَقُوْل : حَمْدًا وَشُكْرًا لله عَلَى كُلِّ نِعَمِه وصَلاَةً وَسَلاَمًا عَلَى نَبِي الله مُحَمَّد صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم الذي طَوَى حَصِيْرَة مُظْلِمَة مِنْ زَمَن الْجَاهِلِيَّة وَبَسَطَ بِسَاطًا بِنُوْرِ الْإِسْلاَمِ فِي الْوَقْتِ الْحَاضِر. وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالْمُسْلِمِين الَّذِين اسْتَقَامُوا إلَى آخِرِ الزَّمَان.
أَيُّهَا الْحَاضِرُون اْلأَحِبَّاءُ فِي الله
اِسْمَحُوا لَنَا فِي هَذِهِ الْفُرْصَة السَّعِيْدَة أَنْ نُقَدِّم مُحَاضَرَة وَهِيَ عِبَارَة عَنِ السَّعَادَة وَالْفَخْر في كَوْنِنَا طُلاَّباً بِالْمَدْرَسَة. وَهِيَ تحت اَلْعُنْوَان : اَلْمَدْرَسَة مُمْتَازَة
اَلْوَلَد الصَّالِح مَرْغُوْب فَيْه لِلأبَاء، وَفِي تَحْقِيْقِ رَغْبَتِهِمْ، لاَبُدَّ أَنْ يَفْهَمُوا أَنَّ الوَلَد كَمِثْلِ وَرَقَة بَيْضَاء، مَاذَا سَيَرْسُمُون عَلَيْه. اَلْوَلَد عَلَى الْفِطْرَة، كَمَا قَالَ النَّبِي صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم : "كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ ، فَأَبوَاهُ يهَوِّدَانِهِ أَوْ ينَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ" (مُتَّفَق عَلَيْه) رَوَاه الْبُخَارِي وَمُسْلِم.
ولذلك، يَحْتَاج الْوَلَد فِي صَغِيْر سِنِّه إلى التَّرْبِيَّة الدِّيْنِيَّة، لأنَّهَا أُصُوْل فِي تَهْذِيب خُلُق وَشَخْصِيَّة وَصِفَة لِوَلَد صَالِح. وَفِي هَذِهِ الحَالَة، يَجِب أَنْ يَهْتَمَّ الآبَاءُ بِمْدَرَسَة الَّتِي هِيَ قَادِرَة فِي تَحْمِيْل الْوَلَد عَلَى الصَّلاَح.
ياأَيُّهَا الحَاضِرُوْنَ السُّعَدَاءُ
عِنْدَمَا سُؤلْنَا عَنْ هَذِهِ الْحَالَة، طَبْعاً كُلُّنَا نَتَّفِق أَنَّهَا فِي الْمَدْرَسَة، نَعَمْ فِي الْمَدْرَسَة. الْمَدْرَسَة تَأتِي فِي ظِلاَلِ الإسْلاَم. التَّعْلِيم الدِّيْنِي وَالتَّعْلِيم الْعَام فِي الْمَنَاهِج الدِّرَاسِيَّة للْمَدْرَسَة -إن شاء الله- كَانَ جَوَاباً لِلآبَاء الذين يرجون وَلَدًا صَالِحًا. هَذَا الَّذِي جَعَلَ الْمَدْرَسَة مُمْتَازَة
إِمْتِيَاز الْمَدْرَسَة نَجِدُهَا فِي الأُمُوْر التَّالِيَة :
الأوَّل : تَرْبِيَّة الْعَقِيْدَة الصَّحِيْحَة تُؤَدِّي إلَى الأَخْلاَق الْكَرِيْمَة
ياأَيُّهَا الحَاضِرُوْنَ، الأخْلاَق هِيَ لُؤْلُؤَة فَقَدَتْ فِي هَذَا الْجَيْل. سُلُوْكُ الأبْنَاء إِلىَ الأَصْدِقَاء وَالْمُعَلِّمِيْن وَحَتَّى الآبَاء وَالأمَّهَاتِ قَدْ جَاوَزَ الْحُدُوْد. كَمْ مِن أَخْبَار مُحْزِنَة نَسْمَعُهَا. وَهَذَا لاَيَكُوْن إلاَّ لِجَهْلِهِم عَنْ دِيْنِهِم، وَلِبُعْدِهِم عَنِ التَّرْبِيَّة الإِسْلاَمِيَّة، وَلِعَدَمِ الْفَهْمِ الصَّحِيْح عن الْعَقِيْدَة الصَّحِيْحَة، حَتَّى يَكُوْن لَدَيْهِم تَصَوُّر بَاطِل يُخَالِف الْحَق، وَيَكُوْنُوْا جَيْلاً لَهُم شَخْصِيَّة سَيِّئَة.
وَلِذَلِك، نَشْكُر شُكْرًا جَزِيْلاً لِوَالِدَيْنَا، اَلَّذِيْن يُرِيْدُوْن أَنْ يَرَوْانَا نَكُوْن جَيْلاً رَائِعًا ذَوَا شَخْصِيَّة حَسَنَة تُمْكِنُنَا مُوَاجَهَةَ شَخِصِيَّة سَيِّئَة بِفَهْمٍ سَلِيْم. إِخْتِيَارُكُم فِي إِرْسَالِنَا إِلَى الْمَدْرَسَة إِخْتِيَارٌ صَحِيْح.
ثُمَّ الثَّانِي، إِتْقَان اللُّغَاتِ مُؤَكِّد، خَاصَةً اَلْعَرَبِيَّة لأنَّهَا لُغَة الْقُرْآن وَالإنْجِلِيْزِيَّة لأنَّهَا لُغَة عَالَمِيَّة
اَلثَّالِث، ياأَيُّهَا الحَاضِرُوْنَ. الأُمُوْر الأُخْرَى الَّتِي تُزَيِّد ثَقَافَتَنَا الإِسْلاَمِيَّة. بَحْثٌ عَنْ تَارِيْخ الثَّقَافَة الإِسْلاَمِيَّة؛ لأنَّ الإِسْلاَم لاَيَكُوْن مُنْتَصِراً إلاَّ أَنْ نَعُوْد إِلىَ مَا جَعَلَ الإسْلاَم مُنْتَصِراً فِي المَاضِي. تَطْبِيْق الْفِقْه وَجَمِيعُ الأشْيَاء التي تُزَيِّد حُبَّنَا اَلْقُرْآن وَالسُّنَّة. وَأَمَّا التَّعْلِيم الْعَام مِمَّا لاَ شَكَّ فِيْه، كُلُّ التَّعْلِيم صَارَ خَاصًّا وَمُمَيَّزاً فِي الْمَدْرَسَة.
ياأَيُّهَا الحَاضِرُوْنَ السُّعَدَاءُ واَلْمُحْتَرَمُوْن لَجْنَةُ التَّحْكِيْم.
أَعْتَقِد أَنَّ مَا أَقُوْلُه فِي هَذِهِ الْمُحَاضَرَة، كَفَى أَنْ يَكُوْنَ تَعْبِيْرًا فِي إِمْتِيَازِ طَلَبِ الْعِلْمِ فِي الْمَدْرَسَة. تَعَالَوا نَصْرَخ؛ اَلْمَدْرَسَة أَفْضَل، اَلْمَدْرَسَة أَحْسَن
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَلاَّ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Download : https://www.scribd.com/doc/284759486/Pidato-Bahasa-Arab-Madrasah-Selalu-Istimewa

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]