Seputar Cara Mengenali Teknik Phising Lengkap Dengan Contoh

"Phising" merupakan kata dalam bahasa inggris yang diplesetkan dari kata "fhising" yang artinya memancing, sementara phising "sendiri" artinya mengelabui.

Teknik Phising ini digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan informasi pribadi orang lain dengan cara yang sangat halus dan licin sehingga orang tersebut dalam keadaan tidak sadar sama sekali telah menyerahkan identitas pribadinya kepada si-pelaku Phising. Sesuai dengan asal kata-nya yaitu "fhising", teknik pengelabuan alias phising ini juga dilakukan dengan menggunakan alat pancing dan umpan yang menggiurkan.

Blog ini sendiri pernah ditutup karena dituduh dan dianggap pelaku phising oleh robot pelacak utusan googel, peristiwa tersebut sudah diulas panjang lebar di dalam artikel dengan judul : Blog Terhapus Karena Phishing.

Teknik phising yang ingin diungkapkan disini sebenarnya hanya berdasarkan dugaan kuat semata, berawal dari sebuah e-mail yang masuk dengan menggunakan bahasa inggris yang sedikit banyaknya bisa ditebak artinya. Pengirim atas nama : Mail Administrator dengan topik : Upgrade Your Mail Account.

Dari nama pengirim dan topik e-mail, seseorang yang selalu ingin tampil up to date pasti tidak berpikir panjang untuk segera meng-upgrade akunnya. Berikut isi dari e-mail tersebut :

Yahoo!

Hello! User

Thank you for using Yahoo Mail. Your account will be Terminated from our service due to failure of update and to validation of your email account. we therefore, warn you for the last time.

It's our goal to offer you better email experience that makes it easier and enjoyable to stay actively protected.

Click here

To stay connected to our email account services please kindly validate below. we have sent you an email before, avoid blacklist now.

Sincerely,
Security Email Department

Isinya luar biasa, sangat menakutkan dan mengerikan. Akun e-mail yang selama ini digunakan untuk berbagai macam aktifitas mulai dari untuk tujuan silaturahmi sampai urusan bisnis akan ditutup karena gagal update dan validasi. Kalau ditutup tentu akan sangat merugikan, untung kalau ada e-mail cadangan lainnya yang juga sudah ma'ruf dikenal banyak keluarga dan kolega, jika tidak, tentu tidak bisa dibayangkan, bagaimana capeknya membangun dan memperkenalkan e-mail dari awal lagi.

Nach..Bagi orang yang tidak ingin akun e-mailnya di-terminated tentu tidak akan ragu untuk mengikuti instruksi yang diberikan didalam e-mail tersebut diatas, yang intinya adalah : "Click here".

Benarkah ini salah satu cara pelaku phising untuk mendapatkan informasi pribadi orang lain, berupa e-mail dan passwordnya..!?!? setelah mengeksekusi link yang diberikan maka akan muncul laman seperti berikut ini :


Dari sini kecurigaan yang muncul semakin menguat karena maraknya pengelabuan/phising dengan model seperti ini, dengan cara memancing orang lain untuk login di media sosial semisal facebook dan yang lainya, sehingga akun yang terpancing akan mudah diambil alih dan dikuasai oleh hacker. Tentunya jika tidak waspada maka akun kita akan dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum dan norma.

Mana yang mencurigakan..?!?!?
  1. Alamat E-mail yang digunakan, tidak menunjukkan identitas yang jelas akan ke-YAHOO-annya.
  2. Laman login yang ditampilkan diatas, tidak menunjukkan akan ke-profesionalan-nya, silahkan bandingkan dengan laman login Yahoo! dibawah ini :


Sebagai penutup, tetap waspada! jaga akun kesayangan anda semaksimal mungkin sebagaimana anda menyayangi diri sendiri, karena akun di dunia maya itu pada hakekatnya merupakan gambaran siapa kita sebenarnya di dunia nyata. Jangan sampai jatuh ditangan orang-orang yang tidak bertanggungjawab...

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]