Cara Membuka Toko Online Dengan Modal Facebook

Online Shop Facebook
Siapa yang tidak punya FB (baca:Facebook=Fesbuk), hampir semua orang yang sering berselancar di dunia maya memiliki akun di media sosial yang satu ini. Dengan berbagai macam tujuan, banyak orang yang memanfaatkan FB untuk menggapai tujuannya tersebut. Mengingat dan melihat semakin ramainya orang yang masuk dan bergabung di FB, maka ini merupakan kesempatan dan peluang bagi pebisnis baik yang baru pemula apalagi yang profesional untuk menjadikan bisnisnya semakin menggurita. FB juga memberikan dan membuka peluang tersebut dengan sebesar-besarnya dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Bagi pemula, ini merupakan kesempatan dan peluang emas untuk mencoba keberuntungan di dunia bisnis di dunia maya. Tak perlu ragu dan bingung lagi dengan internet marketing karena Internet marketing bukan lagi istilah yang perlu diterjemahkan dan dijelaskan panjang lebar, saatnya untuk beraksi meski hanya dengan modal akun FB. Bagaimana cara membuka online shop di FB?. Pertanyaan ini beberapa tahun yang lalu sempat terlintas di benak, namun jawabannya tak kunjung datang, tapi beberapa hari yang lalu sebelum posting ini diterbitkan akhirnya FB memberikan sedikit titik terang dan berita gembira bagaimana cara membuka TOKO Online di FB.

Cara Membuka Toko Online di Facebook
Membuka toko online di FB, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, dulu para penggiat bisnis online menggunakan program aplikasi khusus, aplkasi ini ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Namun kali ini kita akan mencoba membuat toko online tanpa bantuan program aplikasi sedikitpun. Hal ini bisa dilakukan dengan dua cara.

Pertama : Membuka Toko Online di Group FB
Caranya sangat mudah, hanya dengan bergabung di group FB dengan jenis group "Beli, Jual, Perdagangkan". Salah satu contoh group publik yang memiliki jenis yang dimaksud adalah "Peluang Bisnis Selayar" yang beralamat di https://web.facebook.com/groups/PeluangBisnisSelayar/. Setelah di-approved dan diterima menjadi anggota group saatnya untuk membuat toko online di group tersebut.

Peluang Bisnis Selayar

Toko Online Group FB - Jual Sesuatu

Perhatikan gambar diatas! Pilih tab "Barang untuk dijual" atau pilih "jual sesuatu" untuk mempromosikan barang yang akan dijual, lengkapi deskripsi barang tersebut pada form yang ada, mulai dari :
  • Nama Barang apa yang Anda jual?
  • Tambahkan harga, dengan angka tanpa titik, jika gratis isi dengan 0
  • Tampilkan lokasi (opsional), keterangan tempat dimana barang tersebut bisa diterima, atau pengiriman start dari mana?
  • Jelaskan barang Anda (tidak wajib) dengan penjelasan yang sejelas-jelasnya, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan lagi bagi konsumen yang berminat dengan barang yang Anda jual.
  • Tambahkan foto
Demikian seterusnya untuk barang-barang lainnya yang ingin Anda tampilkan di toko online Anda di group FB tersebut.

Kedua : Membuka Toko Online di Halaman FB
Caranya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama diatas, bedanya disini hanya dari sisi tempat berdirinya toko tersebut. Untuk cara yang pertama toko online-nya di-buat di group dan untuk yang kedua ini olshop-nya dibikin di halaman FB. Oleh karena itu untuk membuat toko online cara yang kedua ini, pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat halaman FB dengan nama toko yang diinginkan. Silahkan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini :
  1. Buat Halaman Facebook, pilih tempat atau bisnis lokal. Klik disini untuk memulai.
  2. Setelah Halaman FB selesai diterbitkan, silahkan pilih tab "TOKO" untuk selanjutnya melengkapi toko Anda dengan produk yang ingin dipajang.
  3. Tambahkan produk dengan melengkapi data-data yang diminta, antara lain :
    • Tambahkan Foto
    • Nama
    • Harga
    • Keterangan
Tambahkan Produk - Toko Online Facebook


Demikianlah dua cara sederhana untuk membuka toko online di Facebook, bagi Anda yang sudah bergabung di group jual beli atau memiliki page halaman di facebook dan punya keinginan membuka olshop namun terkendala di modal atau stok barang, tidak perlu khawatir, karena sangat banyak di luar sana suplier atau distributor yang ingin dibantu untuk dijualkan barangnya, silahkan mendaftar untuk menjadi agen atau resellernya.

Semoga Berkah...

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]