Membuat Blog itu Hobby yang Bisa Menghasilkan Uang

Bagi sebagian orang membuat blog dan mengelolanya dengan baik, mengisinya dengan artikel-artikel yang bermanfaat, semua itu dilakukan hanya karena dasar hobby, senang menulis dan suka membagikan berbagai ilmu dan informasi. Namun ternyata setelah terjun aktif dalam dunia blogging, sering-sering browsing dan singgah di blog orang lain, khususnya blog yang memang berbicara khusus tentang seputar dunia blogger, tidak jarang kita dapatkan iklan atau artikel yang berbicara tentang bagaimana cara menjadikan blog sebagai salah satu mesin pencetak uang atau ladang untuk mendapatkan tambahan uang saku.

Bagaimana cara menjadikan hobi blogging bisa menghasilkan uang?

Pertanyaan ini sering muncul, dan ternyata jawabannya sudah banyak berserakan di dunia maya. Setiap pemilik blog mempunyai cara-cara tersendiri untuk menghasilkan uang dari blog yang dikelolanya. Bagaimana dengan Anda? sudah punya blog atau belum? Belum punya, karena tidak tahu atau kenapa? kalau belum tahu silahkan cari tahu cara bikin blog disini.

Berawal dari rasa penasaran, akhirnya zainalm.com membuka dan membaca dengan cepat berbagai macam cara menghasilkan uang dengan memanfaatkan blog, namun ternyata tidak semudah yang kita bayangkan, butuh tips dan trik yang jitu untuk manjadikan blog yang dikelola bisa menghasilkan uang. Dengan segala keterbatasan sebagai blogger pemula, ada beberapa cara yang zainalm.com terapkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog, yach! penghasilan tambahan karena jumlahnya tidaklah sebesar penghasilan utama. Maaf ini bukan untuk meremehkan nikmat, tapi hanya sekedar informasi bahwa menghasilkan uang di blog itu tidak mudah apalagi bagi seorang pemula, agar bisa menjadi motivasi untuk lebih serius lagi. Semua cara yang akan disebutkan disini merupakan aplikasi dari berbagai macam cara yang telah digunakan oleh para blogger lainnnya, yang bagi kebanyakan mereka blog dan blogger adalah profesi yang sangat menjanjikan. Yach! sangat menjanjikan, bagaimana tidak! mereka bisa menghasilkan bukan hanya rupiah bahkan dolar [$$$] dengan nominal yang membuat mata terbelalak.

Cara Pertama : Menjadi Publisher Iklan
Cara yang pertama ini, butuh trik dan tips khusus, tidak semua blogger menguasainya, termasuk zainalm.com. Bukan tidak mau menjadi publisher tapi dulu sudah pernah mencoba untuk daftar google adsense namun ditolak. Meski penyedia iklan bukan hanya google, tapi karena sudah terlanjur gagal, rasanya belum siap untuk bangkit lagi untuk mendaftar ulang atau menjadi publisher iklan di tempat lain. Bukannya putus asa tapi fokus pada cara yang kedua berikut ini;

Cara Kedua : Menjual Produk
Jualan merupakan salah satu cara menghasilkan uang yang juga bisa diterapkan dengan media blog, blog sebagai pengganti toko sebenarnya. Cara ini lebih baik lagi jika memang sudah punya toko fisik sebelumnya, contohnya : kios.zainalm.com. Blog menjadi media promosi untuk menawarkan produk yang disiapkan di toko fisik. Bagaimana jika tidak punya barang, karena kekurangan modal misalnya?!?, tidak perlu khawatir, selama ada kemauan disitu ternyata ada jalan. Solusinya antara lain adalah menjadi reseller, ulasan tentang menjadi reseller produk herbal, bisa dibaca disini.

Berkah Herbal Banner 9

Menjual produk, tidak mesti harus dalam bentuk barang fisik, bisa juga dalam bentuk digital, misalnya : berupa e-book. Jualan produk digital berupa e-book, tidaklah sulit, apalagi bagi mereka yang memiliki hobi menulis, atau memiliki bakat mengawinkan hasil karya tulis orang lain dalam tulisan tersendiri untuk kemudian dijual. Jika tidak mampu membuat e-book sendiri, tidak ada salahnya menjual e-book orang lain. Diantara e-book yang banyak dijual di blog antara lain : Soal CPNS dan Cara dan Tips Cepat Hamil


Cara Ketiga : Program Afiliasi
Cara kerjanya sangat mudah, hanya dengan menyebarkan link afiliasi yang didapatkan setelah secara resmi mendaftar dalam program afiliasi ini. Sebelumnya, apa itu Program Afiliasi, silahkan baca disini. Contoh link afiliasi :
Perhatikan strukturnya, jika anda mendapatkan dan menemukan link yang modelnya mirip seperti contoh diatas, ketahuilah itu adalah link afiliasi, dan link yang semacam itulah yang akan didapatkan setelah mendaftar dalam program afiliasi. Tugas selanjutnya hanyalah menyebar link tersebut, baik di blog, BBM, FB ataupun Twitter dan medsos lainnya.

Disana masih banyak cara untuk menjadikan blog menghasilkan uang, bagi yang serius dan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh tentu hasilnya berbeda dengan mereka yang santai dan asal-asalan.
Menghasilkan uang melalui Blog bukan hanya butuh tips dan trik jitu, tapi butuh aksi nyata dan aplikasi secara langsung!

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]