Reminder -> Khotbah - Ceramah - Tarwih - Safari Ramadhan

Atas Dasar Apa Anda Mulai Berpuasa...???
Bulan Suci Ramadhan Tahun ini, 1435 H. diawali dengan perbedaan pendapat dan insya Allah akan diakhiri dengan kesamaan pendapat. Allah Subhanahu wata'ala berfirman :
{أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا} [النساء: 82]
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. [An-Nisa' (4):82]

Allah Subhanahu wata'ala berfirman :
{يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَهِلَّةِ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ} [البقرة: 189]
Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: "Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadah) haji; [Al Baqoroh (2):189]

Demikianlah hilal-bulan sabit- hampir tiap tahun terjadi kontroversi sudah wujud atau belum, sebagian mengklaim sudah wujud sebagian lainnya mengatakan belum wujud karena tidak mampu untuk diobservasi, jika sekiranya metode penentuan masuknya Ramadhan atau bulan-bulan ibadah lainnya yang didasari dengan hilal-bulan sabit- menggunakan metode yang telah dijelaskan bahkan diperintahkan dan diaplikasikan oleh Nabi Shollallahu 'alaihi wasallam bersama para shahabatnya, dijadikan standar acuan maka tentu tidak akan terjadi banyak pertentangan.

Allah Subhânahu wa Ta’âlâ menegaskan,
فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ
“Maka, barangsiapa di antara kalian yang menyaksikan bulan, hendaknya ia berpuasa.” [Al-Baqarah: 185]

Juga dalam hadits Abdullah bin Umar radhiyallâhu ‘anhumâ riwayat Al-Bukhâry dan Muslim dan hadits Abu Hurairah radhiyallâhu ‘anhu riwayat Al-Bukhâry dan Muslim, Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمِّىَ عَلَيْكُمُ الشَّهْرُ فَعُدُّوا ثَلاَثِينَ
“Berpuasalah kalian karena melihat (hilal) tersebut dan ber­bukalah kalian karena melihat (hilal) tersebut. Apabila tertutupi dari (pandangan) kalian, sempurnakanlah bulan (Sya’ban) menjadi tiga puluh (hari).”

Ramadhan Bulan Mudarosah Al Qur'an (Mempelajari Al-Qur'an) dan Bulan Kedermawanan
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata:
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير، وكان أجود ما يكون في شهر رمضان، إنّ جبريل عليه السلام كان يلقاه في كل سنة في رمضان حتى ينسلخ فيعرض عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم القرآن، فإذا لقيه جبريل كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود بالخير من الريح المرسلة.
Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling pemurah dalam memberikan kebaikan, dan sifat pemurah beliau yang paling besar adalah ketika Ramadhan. Sesungguhnya Jibril biasa berjumpa dengan beliau, dan Jibril ‘alaihis salam senantiasa menjumpai beliau setiap malam bulan Ramadhan sampai selesai (habis bulan Ramadhan), Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membacakan padanya Al Qur’an. Ketika berjumpa dengan Jibril’ alaihissalam, beliau sangat dermawan kepada kebaikan daripada angin yang berhembus. (Muttafaqun ‘Alaihi)

Bulan Ramadhan, bulan diturunkannya Al-Qur'an, saatnya banyak membaca Al-Qur'an dan banyak bersedekah baik dengan harta ataupun dengan ilmu yang Allah titipkan kepada kita.

Puji syukur hanya kepada Allah yang telah memberikan nikmat kesehatan dan kesempatan untuk bisa beramal di bulan suci ini, serta terima kasih kepada FORSAM (Forum Silaturahmi Antar Muballigh) Kepulauan Selayar dan kepada para panitia dan pengurus masjid se-kota benteng yang memberikan kesempatan untuk berbagi ilmu di bulan yang penuh berkah ini.

Saatnya menyiapkan bekal baik berupa ilmu ataupun harta untuk disedekahkan, karena pepatah mengatakan :
فاقد الشئ لايعطيه
Orang yang kehilangan sesuatu tentu tidak bisa memberi

Bagaimana mungkin orang yang faqir lagi miskin ilmu dan harta bisa berbagi, sementara dia sendiri tidak memiliki apa yang akan disedekahkan tersebut...?!?!?!

Tema Ceramah yang Harus Disiapkan
TanggalTema CeramahMasjid
9/7/2014Meneladani Muhammad Sebagai Super Leader & Super ManagerBaiturrahman-Kemenag
16/7/2014Lailatur Qodri, Hikmah dan KeutamaannyaAl Ikhlas
17/7/2014Keutamaan Zakat, Infak dan SedekahRidho Ilahi
21/7/2014Islam dan Lingkungan HidupNurul Wathan
22/7/2014Fitnah dan BahayanyaNurul Hikmah
23/7/2014Menghargai WaktuAl Furqon - Perumahan Parappa
25/7/2014Idul Fitri dan SilaturahmiAl Mukramun-KPKN

Walhamdulillah, sebagian besar materi sudah pernah diposting di http://sumbermateriku.blogspot.com/, semoga Allah memberikan taufiq dan inayahnya sehingga berkah dan kebaikan ramadhan dari awal sampai akhir mampu kita raih.

__________________


Faidah :

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]