Contoh Penulisan dan Cara Membuat Footnote ~Catatan Kaki~

Contoh Penulisan dan Cara Membuat Footnote ~Catatan Kaki~Bagi para pembaca yang bukan sekedar pembaca tapi juga sering membaca atau menulis karya ilmiyah tentu tidak asing lagi jika mendengar istilah footnote atau catatan kaki.

Definisi & Pengertian Umum Catatan Kaki / Foot Note
Catatan kaki adalah keterangan yang dicantumkan pada margin bawah pada halaman buku. Catatan kaki biasanya dicetak dengan huruf lebih kecil daripada huruf di dalam teks guna menambahkan rujukan uraian di dalam naskah pokok. Catatan kaki untuk artikel yang diambil dari internet, cantumkan nama pengarang, judul artikel, tuliskan online (dalam kurung) diikuti alamat situsnya, seperti http:/ www.ed.gov./... yang memudahkan pembaca untuk mengakses sumber tersebut.[1]

Jenis Catatan Kaki / Foot Note
Catatan kaki untuk buku dimulai dengan nama pengarang diikuti koma, judul buku (ditulis dengan huruf awal kapital dan dicetak tebal atau dicetak miring), nomor seri, jilid dan nomor cetakan (kalau ada), kota penerbit (diikuti titik dua), nama penerbit (diikuti koma), dan tahun penerbitan (ditulis dalam kurung dan diakhiri dengan titik).
Catatan kaki untuk artikel dan majalah dimulai dengan nama pengarang, judul artikel, nama majalah, nomor majalah jika ada, tanggal penerbitan, dan nomor halaman. Jika dari sumber yang sama dikutip lagi, pada catatan kaki ditulis ibid. (singkatan dari ibidum) yang artinya sama persis sumbernya dengan catatan kaki di atasnya. Jadi mirip dengan idem atau sda. Untuk sumber yang telah disisipi sumber lain, digunakan istilah op. cit. (singkatan dari opere citato). Untuk sumber dari majalah dan koran yang telah disisipi sumber lain digunakan istilah loc. cit. (singkatan dari loco citato).[2]


Perhatikan akhir dua dari tiga paragraf diatas..!!! ada simbol angka dalam kotak seperti ini [1], berpasangan dengan simbol angka yang sama dibagian akhir postingan ini, nah itulah dia yang dimaksud dengan catatan kaki atau footnote.

Sekarang silahkan arahkan cursor lalu klik simbol angka tersebut..!!! apa yang terjadi..??? maka screen akan pindah menuju ke simbol angka dibagian akhir postingan yang kita namakan footnote. Sebaliknya jika cursor diarahkan ke simbol angka footnote maka screen akan berpindah ke paragraf dibagian atas artikel ini tepat pada simbol angka yang sama dengan simbol angka footnotenya.

Bagi yang ingin belajar cara membuatnya khususnya para blogger pemula dengan akun blogspot, ikuti langkah-langkah berikut ini :

Pertama :
Tulis artikel sebagaimana biasa, gunakan menu HTML bukan Compose!, setelah selesai satu paragraf misalnya, dan ingin ditambahkan footnote pada paragraf tersebut copy kode berikut ini :


Lalu paste diakhir paragraf yang dimaksud setelah titik (.)

Kedua :
Tambahkan catatan kaki atau footnote dibagian akhir tulisan dengan cara yang serupa dengan langkah pertama dan kedua, namun kodenya sebagai berikut :


Keempat :
Tambahkan keterangan penjelas setelah simbol angka footnote yang telah dibuat.

Kelima :
Untuk footnote berikutnya, cukup mengganti pada kode tersebut diatas "angka-angka" sesuai dengan urutan footnote yang telah dibuat. Lihat dibagian akhir kode! untuk bagian artikel tertulis :

...footnote1" name="artikel1">[1]... 

dan untuk bagian footnote tertulis :

...artikel1" name="footnote1">[1]...

ganti angka 1 (satu) dengan angka berikutnya sesuai dengan urutan footnote yang dibuat.

Demikianlah lima langkah untuk membuat catatan kaki atau footnote pada postingan blog, semoga penjelasan ringkas ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan.

Ingat : Buat postingan artikel pada menu HTML bukan Compose..!!!

_______

[1] Muhammad Alfiansyah, Definisi, Contoh & Membuat Catatan Kaki Foot Note (http://www.sentra-edukasi.com/2009/11/definisi-contoh-membuat-catatan-kaki.html)
[2] sda

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]