Siapa Bilang Wanita yang Kegemukan karena Obesitas Susah Hamil ?

Langsing atau Gemuk jangan Terlalu | Hamil itu Susah
Gemuk itu Pilihan
Kegemukan atau obesitas memang bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, hipertensi, radang sendi, batu empedu, dan gangguan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Apa saja akibat kegemukan yang bisa mempengaruhi kesuburan pada wanita? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Menurut dr. Tiara Rahmawati, salah satu anggota redaksi medis Kedokteran Umum KlikDokter.com menyebutkan setidaknya ada empat akibat kegemukan terhadap kesuburan wanita, yaitu :

Pertama : Masalah Ovulasi atau pengeluaran sel telur

Wanita obesitas terancam mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga menyebabkan siklus pengeluaran sel telur terancam juga. Hal ini lah yang dapat menyebabkan wanita obesitas kesulitan untuk hamil

Kedua : Masalah Pada Proses Pembuahan

Pada wanita obesitas atau kegemukan yang memiliki siklus menstruasi normal dan juga dapat mengeluarkan sel telur secara normal, tetap saja di temukan ada yang kesulitan hamil. Hal ini di duga karena pengaruh hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan dan pengeluaran energi juga ternyata menghambat proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Ketiga : Meningkatkan Resiko Terjadinya Keguguran

Sven Cnattingius, MD, PhD yang melakukan studi ini mengatakan “Resiko dalam kehamilan saat ini lebih sering terjadi pada ibu yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan”. Telah lama disebutkan bahwa obesitas pada ibu dapat meningkatkan risiko pre-eklampsia, keguguran, diabetes gestasional, dan kelahiran dengan operasi sesar (sectio caesare), namun penelitian ini menemukan bahwa kelebihan berat badan pada ibu pun dikaitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah.

Keempat : Pembentukan Sel Telur Yang Tidak Sempurna

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sel telur yang diproduksi oleh wanita yang kegemukan juga cenderung tidak normal. Susunan kromosom (pembawa pesan genetik) dalam sel-sel telur wanita yang kegemukan ditemukan tidak normal sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan sangat kecil.

Selain masalah kegemukan, wanita yang terlalu kurus juga dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat teratur, menghindari stress dan olahraga teratur juga dapat membantu keseimbangan hormon sehingga memudahkan untuk terjadinya kehamilan. Selain itu konsumsi Madu Penyubur Kandungan juga dapat membantu proses mendapatkan kehamilan.

semoga bermanfaat :-)



Sumber : Benarkah Wanita Gemuk Susah Hamil?

1 komentar:

Terlepas dari gemuk/kurus hamil adalah kuasa Allah, kita manusia wajin berusaha dan berdoa ^^

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]