Pakai Cara dan Tips serta Trik Berikut Agar Hemat Biaya Pulsa dan Tagihan Listrik

Pakai Cara dan Tips serta Trik Berikut Agar Hemat Biaya Pulsa dan Tagihan Listrik | Aplikasi Android Bebas Bayar
Listrik sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap keluarga dan individu, yang mau tidak mau harus tetap ada dan menyala 24 jam dalam sehari, kalau tidak maka hidup ini terasa gimanaaaa gitu..?!?

Sebagian orang bahkan mungkin semua orang mengeluh bahkan bisa jadi mengumpat jika listrik padam, demikian juga kalau tagihan listriknya membengkak. Padahal bisa jadi PLN sudah berusaha dengan semaksimal mungkin mengalirkan listrik ke rumah-rumah anda, yang seharusnya itu disyukuri bukan dikufuri dan bisa jadi tagihan yang membengkak karena keteledoran kita sendiri, boros dalam pemakaian listrik bukan karena petugas salah catat. Nach, agar tagihan tidak membengkak berikut ini beberapa tips dan cara hemat listrik yang kami rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pemakaian listrik di rumah sendiri.

Pakai daya listrik sesuai kebutuhan; Kalau misalnya kebutuhan listrik rumah tangga tidak lebih 450VA yach, pakai meteran yang daya listriknya 450VA saja, begitu seterusnya. Bahkan kalau perlu dan seandainya bisa, pakai saja dua meteran yang dayanya 450VA kalau kebutuhan listrik antara 450kwh-900kwh, tapi apa ini bisa? kalau bisa pasti sangat hemat pembayaran listrik kita, karena itukan masih subsidi pemerintah.

Pakai meteran pulsa listrik prabayar; Dengan memakai pulsa listrik prabayar, kita pasti akan berhitung dan sangat cermat dan hemat dalam pemakaian listrik dibanding dengan pascabayar, entah kenapa?! mungkin karena takut listriknya tiba-tiba padam sementara penjual pulsa listrik jauh dari rumah. Makanya download aplikasi android untuk beli pulsa listrik dimana saja dan kapan saja disini

Pakai lampu hemat energi LED; Dengan lampu LED, pemakaian yang biasanya 20watt bisa hemat sampai 50% bahkan lebih, bayangkan kalau 10 titik lampu di rumah semuanya dipasangi lampu LED dengan daya 7watt, berarti kalau nyala semua hanya sekitar 70watt saja, dibandingkan kalau memakai lampu biasa yang standar 20watt, padahal terangnya tidak jauh beda, sama saja bahkan bisa jadi lampu LED lebih terang.

Pakai televisi hemat energi LED; Tapi kalau ternyata tidak mampu beli karena katanya harganya cukup mahal, maka cukup kurangi pencahayaan televisi anda, dan kurangi nonton TV bahkan kalau perlu tidak usah punya TV, apalagi kalau hanya membuang-buang waktu menonton hal-hal yang tidak bermanfaat.

Pakai laptop saja atau komputer PC dengan monitor LED; Sama seperti lampu dan TV, monitor PC juga sebaiknya pakai yang LED agar hemat energi, bahkan kalau perlu cukup pakai laptop saja, yang konsumsi dayanya tentu lebih hemat.

Pakai AC hemat listrik sesuai kebutuhan; Kota Benteng Selayar memang akhir-akhir ini cuacanya tidak menentu dan suhunya cukup panas, entah bagaimana kira-kira jika dibandingkan dengan kota-kota besar yang ada. Keadaan ini memaksa sebagian orang untuk memakai pendingin ruangan. Nach kalau memang harus pasang AC, beli yang sesuai kebutuhan dan punya fitur hemat energi.

Pakai mesin cuci sesuai kebutuhan; Kalau musim hujan, cuaca lagi mendung atau berawan, barulah pakai pengering dan sekali sekali liburkan mesin cuci, mencucilah dengan tangan sendiri.

Pakai aplikasi android bebasbayar untuk beli atau bayar tagihan listrik; Download aplikasi android untuk beli pulsa listrik atau bayar tagihan listrik anda disini, kenapa ini bisa menghemat pengeluaran anda? karena anda bebas membeli pulsa listrik atau membayar tagihan listrik dimana saja dan kapan saja, itu berarti hemat waktu dan tempat, tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk keluar juga tidak perlu antri, ada cashbacknya lagi bahkan ada hadiah undian yang bisa kita dapatkan kalau beruntung.

Pakai setrika hemat listrik; Kenapa setrika masuk dalam poin cara menghemat listrik?, karena kita tahu bersama, bahwa pakaian yang dirapikan dengan setrika sudah menjadi gaya hidup semua orang yang tersentuh dengan dunia pendidikan, dunia kerja, dunia dan dunia. Oleh karena itu gunakan fitur hemat energi dengan mengontrol suhu setrika secara otomatis.

Cabut semua peralatan elektronik jika tidak dipakai; Pisahkan antara stop kontak dan steker setiap kali selesai menggunakan alat-alat elektronik di rumah, selain bisa menghemat listrik juga bisa mencegah terjadi korsleting listrik. Jangan hanya dengan mematikan saklarnya tapi cabut stekernya dari stop kontak. Jangan biarkan charge laptop, HP dan charge-charge lainnya bergelantungan di stop kontak. Penting untuk diperhatikan agar tidak menumpuk steker dalam satu stop kontak.

Matikan lampu yang tidak terpakai; Kalau sudah pagi matikan semua lampu yang ada, bahkan di kamar mandi sekalipun, cukup menggunakan sinar matahari untuk menyinari ruangan dan kamar yang ada di rumah. Demikian juga kalau malam, gunakan lampu yang benar-benar dibutuhkan saja.

Matikan alat elektonik; Alat elektronik yang tidak terpakai khususnya di malam hari ketika tidur, jika kita ingin hemat listrik maka segera matikan semua, jangan hanya dibiarkan dalam posisi standby tapi cabut steker-stekernya, dan matikan saklar-saklarnya. Apalagi kalau tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya cabut kabelnya bahkan sambungan kabelnya sekalian dicabut dari sumber listrik utama.

Pakai kulkas sesuai kebutuhan; Jangan sampai kulkasnya overload, simpan makanan dingin atau yang sudah dalam kondisi dingin atau suhunya sama seperti suhu ruangan, hindari memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas.

Pakai menara air dengan pompa; Bila di rumah ada pompa air, maka lengkapi dengan tandon atau kolam penampungan, karena yang namanya pompa air listrik itu, tarikan awalnya bisa sampai dua kali lipat bahkan tiga kali lipat dalam penggunaan daya listrik, jadi terasa hematnya kalau dinyalakan sekali saja jika dibandingkan dengan dinyalakan berkali-kali meski dalam jangka waktu yang sama.

Pakai ricecooker sesuai kebutuhan; Memasak nasi sekarang sudah simple dan praktis, tinggal colok, tapi ingat berapa daya listrik yang dibutuhkan untuk menanak nasi menggunakan rice ccoker, oleh karena itu gunakan rice cooker dengan kapasitas sesuai kebutuhan agar konsumsi dayanya tidak terlalu besar dan tidak boros, kalau perlu gunakan air panas agar proses memasaknya tidak terlalu lama.

Yach sudah itu aja, semoga tips dan trik diatas bisa dipakai dan diterapkan untuk kehidupan yang lebih baik.

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]