Layanan Google Plus Resmi Ditutup, Update 4 Hal ini di Blogmu !

Menurut berita yang tersebar dan tentu telah kita ketahui bersama bahwa layanan google plus telah dinyatakan resmi ditutup. Hal ini pasti memberikan pengaruh yang cukup besar bagi para blogger, terlebih mereka yang selama ini menggunakan layanannya, misalnya menjadikan google plus sebagai profil blog atau menggunakannya sebagai layanan komentar di blog.

Nach, blog ini sendiri menggunakan layanan google plus pada beberapa tempat yang nampak jelas di templatenya selama ini, mulai dari profil blog, tautan author dan publisher blog, social media di header dan tombol share. Oleh karena itu ada beberapa hal yang mesti dirubah untuk mengikuti tren ditutupnya layanan google plus. Sebenarnya agar lebih mudah untuk melakukan update cukup dengan mengganti template. Template itu beragam ada yang free alias gratis ada yang premium alias berbayar, dan ada juga yang freemium persilangan antara keduanya, penampilan premium tapi asalnya free alias dipakai gratisan, singkatnya template gratisan rasa premium.

Mengganti template terbaru yang tidak lagi menggunakan layanan google plus memang mudah, dan banyak tersedia di internet, hanya butuh waktu untuk mencari template yang sesuai dengan kriteria kita masing masing lalu menerapkannya dengan sebaik mungkin di blog kesayangan kita, dan bagi blogger yang punya kelebihan dana, hal ini tentu sangat gampang, cukup membeli template baru dan menggunakan jasa pihak ketiga untuk memperbaharui template blognya.

Tapi bagi yang masih senang dengan template blog lamanya, dan siap belajar bagaimana mengutak atik template, tentu lain lagi ceritanya, pasti akan lebih terasa nikmat jika mampu mengerjakannya sendiri, apapun hasilnya nanti.

Ok, sekarang kita membahas apa saja yang mesti kita perbaharui, ingat sebelum mengikuti semua saran dibawah ini, harap back up dulu template sebelumnya, jangan sampai kenapa-kenapa, dan juga perlu diingat bahwa sebenarnya bisa banyak hal yang harus diperbaharui dan itu tergantung template sobat masing-masing, namun yang akan dibahas disini hanya terkait dengan template lama dari blog ini.

Layanan Google Plus Resmi Ditutup, Update 4 Hal ini di Blogmu !
Setelah update template blog, update juga Kaosnya El-Badr – Yuk Hijrah Biar Berkah

Pertama : Mengganti profil blog dari google plus menjadi blogger. Caranya terbilang mudah, bahkan sebenarnya sudah otomatis terganti setelah layanan google plus resmi ditutup. Namun jika ada informasi terkait dengan profil kita yang ingin diperbaharui silahkan menuju ke dashboard blogger -> setelan -> setelan pengguna -> Profil pengguna, klik edit untuk memperbaharui data pribadi anda yang selama ini mungkin masih kosong dan belum sempat diisi karena tidak pernah dipakai.

Kedua : Mengganti meta tag yang tertanam di template blog. Caranya juga cukup mudah, silahkan menuju ke dashboard blogger -> Tema lalu pilih edit HTML, setelah itu cari link google plus dan ganti dengan link blogger, hasilnya seperti dibawah ini :

<link href='https://www.blogger.com/profile/03472180935664581227' rel='publisher'/>
<link href='https://www.blogger.com/profile/03472180935664581227' rel='author'/>
<link href='https://www.blogger.com/profile/03472180935664581227' rel='me'/>

Angka 03472180935664581227 ganti dengan id-blog sobat, atau untuk lebih mudahnya sobat bisa mengambil linknya di artikel yang telah diposting, ambil link penulis artikelnya. Perhatikan, linknya harus mirip dengan link diatas yach..!

Ketiga : Menghilangkan link social media google plus, ini biasanya terpasang di header bagian atas template blog. Contoh misalnya untuk blog ini, menu social medianya ada di bagian kanan atas ketika dilihat di laptop, kalau dilihat di HP atau tampilan mobile ada di bagian tengah atas setelah menu. Cara menghilangkannya mirip dengan cara pada poin kedua diatas, yaitu dengan masuk di dashboard blogger -> Tema lalu pilih edit HTML, lalu cari HTML social media di template blog sobat. Bisa menggunakan bantuan ctrl F cari link google plus, kalau sudah ketemu, bisa langsung dihapus, atau ganti dengan social media yang lain, kalau misalnya belum terpasang di blog sebelumnya. Misalnya di blog ini, dulu asalnya tidak ada Whatsapp dan tidak ada juga instagramnya, tapi sekarang setelah dioprek sedikit kedua social media tersebut sudah bisa sobat lihat di daftar menu sosmed di bagian kanan atas template blog ini.

Keempat : Menghilangkan tombol share ke google plus. Masih banyak blogger yang belum sempat merubah tombol share ke medsos, atau mungkin karena blognya sudah tidak diurus, padahal cara merubahnya cukup mudah, dan sangat banyak tutorial cara memasang tombol social media di internet. Template blog ini sebelumnya memiliki tombol share ke FB, Twitter dan Google Plus, tapi setelah diupdate google plus diganti dengan Whatsapp, sobat bisa lihat dibagian bawah postingan ini. Bagaimana cara merubahnya, sobat bisa tanya om google.

itulah empat hal yang telah diupdate di template blog ini, bagaimana dengan blog sobat ?

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]