Cara Menghilangkan "Blogspot" pada URL Alamat Blog

Web HostingURL atau singkatnya disebut link dan ditranslate dalam bahasa Indonesia dengan istilah tautan, merupakan alamat yang dipakai untuk meng-akses blog atau web di internet.

Secara umum alamat web itu diakhiri dengan dot com [.com] dan ini yang banyak serta dikenal luas. Berbeda dengan blog gratisan, alamat blognya tidak langsung diakhiri dengan dot com [.com] tapi ada embel-embel sebelumnya, seperti : blogspot.com atau wordpress.com, yang terletak sebelum nama atau identitas blog sehingga alamat blog terkesan panjang, misalnya : http://ash-shiddiqagencyselayar.blogspot.com/ yang diakhiri dengan akhiran blogspot.com.

Berdasarkan rasa penasaran dan rasa ingin tahu, dengan bantuan google.com, akhirnya ketemu beberapa artikel yang mengulas tentang hal tersebut, yaitu tentang alamat URL yang diakhiri dot com [.com], yang diistilahkan dengan TLD (Top Level Domain), sementara yang ada embel-embelnya seperti contoh diatas itu namanya subDomain, dan juga ketemu bagaimana cara mengubah atau menghilangkan embel-embel blogspot pada URL alamat blog.

Ternyata cara untuk mengubah URL blog menggunakan TLD tidaklah sulit namun juga tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain :
  1. Blog
    Blog yang dimaksud pada artikel ini adalah blog yang dibuat di blogger.com, dengan akhiran blogspot.com
  2. Domain TLD yang aktif
    Domain inilah yang nantinya akan menjadi alamat URL blogspot yang baru. Domain aktif .com [baca: dot com] dan yang semisalnya harus disewa minimal satu tahun pada penyedia Domain.
  3. Editor DNS
  4. Kesabaran
    Setting ini dibutuhkan kesabaran karena bukan hanya materi yang harus dikeluarkan tapi juga membutuhkan waktu yang tidak singkat sampai betul-betul blog bisa di-akese dengan baik
Jika hal-hal diatas sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah :
  1. Masuk ke akun blogger.com, pilih tab setting blog yang akan diganti alamatnya.
  2. Klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda - Mengarahkan URL terdaftar Anda ke blog Anda.
  3. Masukkan Domain TLD aktif yang telah disewa sebelumnya pada penyedia Domain, klik simpan. Jangan panik ketika muncul notifikasi kesalahan, Domain tidak dapat diverifikasi.
  4. Unduh "file setelan DNS" maka akan didapatkan pengaturan DNS 4 (empat) "in A" dan 2 (dua) "Cname", cname ini persis sama dengan yang ditunjukkan dibawah notifikasi kesalahan, Domain tidak dapat diverifikasi. Cname tersebut harus diingat dan ketahuilah "CNAME" setiap blog berbeda, yang ada disini hanya sekedar contoh.
  5. Login ke situs web tempat anda mendaftar dan menyewa Domain, cari setelan Sistem Nama Domain (DNS) dan masukkan setelan DNS yang sudah didownload sebelumnya; contoh :
    HostTargetTTL
    @216.239.32.213600
    @216.239.34.213600
    @216.239.36.213600
    @216.239.38.213600
    wwwghs.google.com3600
    6yi5yys2xmwegv-dizsxfdo3rbtxd.dv.googlehosted.com3600
  6. Setelah semua diinput dengan baik dan benar, kembali ke setelan akun blogger.com dan klik "simpan". Jika belum bisa disimpan, disinilah kesabaran itu dibutuhkan, karena Anda harus menunggu beberapa jam bahkan bisa sampai 24 jam sampai "button-simpan/save" ini dapat diklik untuk melangkah ke langkah selanjutnya.
  7. Jika button "simpan" sudah berhasil diklik, selanjutnya klik "edit"
  8. Centang "Alihkan ********.com ke www.********.com."
  9. Langkah terakhir, tunggu sampai batas waktu yang tidak ditentukan sekitar satu sampai dua hari, namun bisa juga hanya beberapa jam, sehingga blog anda dengan alamat yang baru bisa kembali di-akses secara normal.
Demikianlah beberapa langkah untuk mengubah alamat URL blog dengan custom Domain TLD, jika ada masalah bisa langsung menghubungi teknisi tempat anda meregistrasi Domain.



Sumber : Pengalaman Pribadi Dengan Bantuan google.com [mohon maaf! kepada penulis web/blog yang tulisannya saya baca dan pelajari namun tidak sempat mencantumkan link-nya satu persatu]

7 komentar

judul diatas menyesatkan, walau admin berminat bagi pengalaman, tapi setidaknya gunakan judul yang tidak mudah disalah pahami

Terima kasih atas kritikannya, walau membingungkan, tapi setidaknya bisa jadi bahan pertimbangan

seharusnya judulnya itu "cara mengganti domain blogspot atau blogger." atau terserah lahh :3

makisih gan infonya.. langsung di coba ah

gan, saya mencoba download 'film setelan dns', tapi tidak bisa
mesti bagaimana ya gan? terima kasih

Hubungi team support atau teknisi tempat meregist Domain gan...!

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]