[EXCEL] Auto Numbering - Cara Lain Memberikan Nomor Urut Secara Otomatis

Sebelumnya telah kita ketahui bagaimana cara memberikan no. urut pada kolom baris tabel excel baik dengan mengunakan mouse yaitu dengan cara menggeser gagang isian Gagang Isian melewati kolom atau baris yang ingin diisi dengan no. urut, atau dengan menggunakan rumus-rumus tertentu. Bagi yang belum baca lihat disini.

Ternyata masih ada satu cara lagi yang sebenarnya sudah sangat sering digunakan, namun karena ada sesuatu dan lain hal akhirnya dibuatkan post tersendiri. Jadi ini hanya sekedar mengingatkan saja bagi yang sudah ahli dan tambahan ilmu bagi pemula. Cara ini cukup mudah tanpa formula rumus tertentu hanya dengan select dan klik.

Cara Mudah Memberi No. Urut Otomatis
  1. Buka table yang telah dibuat sebelumnya di excel


    Auto Numbering 01

  2. Pada kolom pertama baris pertama tabel yang akan diberi no. urut, ketik angka 1


    Auto Numbering 02

  3. Pilih range kolom yang akan diberikan no. urut


    Auto Numbering 03

  4. Pada tab "Home", di menu ribbon group "Editing", klik "Fill" lalu "Series", pilih Series in "Rows" jika ingin memberi no. urut pada kolom tertentu, pilih Type "Linear", Step Value: 1.


    Auto Numbering 04

  5. Klik Ok dan lihat hasilnya


    Auto Numbering 05



Silahkan dipraktekan dan semoga bisa dipahami serta membantu dalam menyelesaikan tugas, khususnya yang berkaitan dengan table excel.

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]