Tips dan Cara Aman Internetan || Paket Mentari Super Data Revamp

Tips dan Cara Aman Internetan || Paket Mentari Super Data RevampPerkembangan teknologi komunikasi dari zaman ke zaman berkembang sangat pesat. Kita masih ingat ketika wartel tumbuh layaknya jamur di musim hujan, namun akhirnya mati layu karena terserang hama handphone yang merajalela. Dulu ketika handphone hanya berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan akhirnya berubah bukan hanya untuk komunikasi lisan saja, tapi mampu membaca dan mengirim tulisan dengan istilah SMS. Sekarang lebih lagi dari itu bukan hanya lisan ataupun tulisan tapi mampu membaca gambar dua dimensi berupa image dan foto bahkan tiga dimensi berupa video dan gambar animasi.

Dunia sosial yang baru tersebut biasa diistilahkan dengan dunia maya. Dunia maya bisa dimasuki melalui jaringan internet, dan jaringan internet bisa diakses jika ada PULSA yang dikonversi menjadi DATA dengan nominal tertentu dalam satuan bite, kilobite, megabite dan gigabite. Sekarang para netter yang tidak lengkap hidupnya tanpa kehadirannya di dunia maya bukan hanya membutuhkan pulsa biasa tapi butuh pulsa data agar bisa tetap eksis.

Sekedar sharing dan berbagi pengalaman dalam mengarungi dunia maya. Tepatnya tiga bulan yang lalu saya mencari dan akhirnya mendapatkan dan membeli kartu mentari indosat untuk internetan.

Tips dan Cara Aman Internetan || Paket Mentari Super Data Revamp
Paket Mentari Super Data Revamp (+) Paket Tambahan : Super Internet 3GB+ Rp69rb/30hr

Di tempat saya sebenarnya kartu ini tidak bisa dipakai 24 jam, bukan karena faktor kartunya, yang jadi masalah karena signal indosat tidak sampai masuk di dalam rumah, jadi nanti bisa dipakai jika berada luar rumah. Selama menggunakan kartu ini mulai dari pertama beli dan registrasi sampai tiga bulan masa aktif, cukup memuaskan meski terkadang tiba-tiba signalnya putus "limited access". Namun sayang, pada hari terakhir masa aktif kartu, ternyata pulsa tidak cukup untuk melakukan perpanjangan secara otomatis, akhirnya masa aktif kartu habis dan yang paling menyedihkan Paket Tambahan : Super Internet 3GB+ Rp69rb/30hr (include renewal package) hangus dan data dari paket extra sekitar 3g juga hangus.

Malam harinya saya baru sadar, kalau ternyata kartu gagal perpanjangan secara otomatis, karena tidak bisa meng-akses internet sama sekali, jadi ternyata kali ini gagal loading bukan karena signal yang hilang, tapi karena paket data sudah hangus dan masa aktif kartu habis. Perburuan kartu baru-pun dimulai, banyak pilihan provider yang menawarkan harga murah, tapi tidak tahu kenapa akhirnya pilihan jatuh lagi di kartu perdana mentari dengan Paket Mentari Super Data Revamp plus Paket Tambahan : Super Internet 3GB+ Rp69rb/30hr (include renewal package).

Kartu Perdana Mentari yang kedua ini, tanpa segel. Setelah melepas dan memasang kartu SIM, bisa langsung internatan tanpa registasi terlebih dahulu. Dugaan kuat saya kartu yang kedua ini sepertinya sudah aktif dan sudah diregistrasi. Tapi bagaimana mungkin, kartunya masih utuh tidak terpisah dari kulit kerasnya, karena saya sendiri yang melepas kartu tersebut dan memasangnya di slot modem. Penasaran-pun terobati setelah membuka https://instant.indosat.com/ dan ternyata benar kartunya sudah aktif cukup lama sekitar satu bulan sebelum pembelian dan sudah diregistrasi yang entah bagaimana caranya, melakukan registrasi kartu perdana tanpa memasukkannya dalam slot SIM HP.

Dari pengalaman panjang tersebut diatas, ada tips dan cara aman yang harus diingat sebelum dan pada saat menggunakan Paket Mentari Super Data Revamp plus Paket Tambahan : Super Internet 3GB+ Rp69rb/30hr (include renewal package), antara lain :

Pertama : Teliti Sebelum Membeli
Perhatikan baik-baik segel dari kartu perdana tersebut, dan ingat baca dengan seksama keterangannya. Kartu kedua yang saya beli, hanya bisa diregistrasi di wilayah JABODETABEK, tapi karena dijual di SULAWESI, otomatis kartunya pasti telah diregistrasi sebelumnya.

Kedua : Cara Registrasi Ulang Kartu
Jika kartu yang kita beli ternyata sudah diregistrasi sebelumnya, tentu kita rugi dari segi lamanya masa aktif kartu, dan juga akun pribadi yang terdaftar di server indosat bukan atas nama kita, ini juga tentu sangat merugikan apabila nomornya nomor cantik dan sudah dikenal luas, jika terjadi kerusakan atau kehilangan tentu akan kesulitan mengurus penggantian kartu dengan nomor yang sama, karena kartu tersebut terdaftar bukan atas nama kita.

Solusinya harus registrasi ulang, caranya dengan mengetik :
Format : No.KTP#Nama#Alamat#Tempat Lahir#Tanggal Lahir
Contoh : 1234567890#Zain#Selayar#Watansoppeng#28081980
Kirim ke 4444. Jika sukses anda akan menerima sms balasan dari no. 4444 : Pendaftaran nomor anda berhasil. Terima kasih.

Meski telah menerima sms balasan bahwa registrasi berhasil, tetapi tetap harus menunggu beberapa saat sampai server indosat merubah data sesuai dengan data yang anda kirimkan

Registrasi Ulang Kartu Perdana Indosat
Akun Pribadi

Ketiga : Cara Menambah Kuota
Bagi anda yang rajin upload ataupun download pasti akan menguras pemakaian data paket internet yang normalnya hanya 3g, tapi jangan khawatir karena indosat memberikan kemudahan untuk menambah kuota, dengan mengakses *123# pilih paket extra sesuai dengan keinginan anda, atau bisa dengan cara online di https://instant.indosat.com/, klik paket >> Paket Ekstra >> Centang Paket >> Aktifkan

Paket Extra
Paket Extra

Keempat : Isi Ulang Pulsa
Sebaiknya melakukan pengisian pulsa dengan nominal yang mencukupi untuk perpanjangan paket, minimal sehari sebelum masa aktif kartu berakhir agar sistem secara otomatis bisa memperpanjang dan memperbarui Paket Mentari Super Data Revamp anda. Katanya jika berhasil melakukan perpanjangan paket maka ada tambahan data sekitar 1gb, jadi totalnya menjadi 4gb/90hr karena normalnya 3gb/tiga bulan.

Keempat : Penutup
Sekian yang dapat saya tuliskan, terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan.

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]