[Google Penelusuran Khusus] Cara Membuat Custom Search Engine

Kotak Penelusuran merupakan komponen penting dalam sebuah situs untuk memudahkan pengunjung mencari artikel yang dikehendaki. Search Box ini berupa widget atau gadget yang bisa dipasang di sidebar blog atau ditempat mana saja yang kita sukai. Kotak Pencarian bawaan Blogger sangat simple dan sederhana dan meski sudah cukup membantu untuk mencari artikel yang diinginkan, namun ada diantara blogger ternyata tidak menggunakannya. Mereka ternyata menggunakan Google Penelusuran Khusus atau Custom Search Engine.

Postingan berikut ini merupakan tutorial singkat untuk membuat search engine sendiri dengan bantuan Google Penelusuran Khusus atau Custom Search Engine. Bagi yang ingin mencoba silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :
  1. Masuk di akun google kemudian buka https://cse.google.com/ 
  2. Setelah halaman depan CSE Google terbuka, Pilih dan Klik "Mesin Telusur Baru"
Mesin Telusur Baru
  1. Selanjutnya isi data-data yang diminta, yaitu : Alamat url dari situs yang akan ditelusuri dan Bahasa yang digunakan serta Nama mesin telusur.
  2. Setelah menyelesaikan langkah diatas, klik "BUAT"
Buat Mesin Telusur Baru
  1. Selamat Anda telah berhasil membuat Mesin telusur khusus.
Sukses Membuat Mesin Telusur Baru
  1. Selanjutnya, melakukan perubahan pada mesin telusur yang sudah jadi tadi dengan memilih masuk di "Panel Kontrol", di bagian kiri ada menu edit mesin telusur, pilih "Tampilan dan Nuansa". Untuk bagian tata letak ada tujuh pilihan. Contoh yang kita buat disini adalah Tata Letak : Diinangi oleh google.
  2. Setelah puas melakukan berbagai macam perubahan, mulai dari "Tata Letak", "Tema", "Sesuaikan" dan "Gambar Kecil". Akhiri langkah ini dengan meng-klik "Simpan dan Dapatkan Kode"
  3. Copy paste tersebut ditempat yang Anda inginkan.
  4. Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini, silahkan isi kata kunci untuk melakukan uji coba pencarian..



Demikianlah sembilan langkah mudah bagaimana cara membuat kotak pencarian sendiri dengan memanfaatkan CSE, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Admin di halaman kontak atau di kolom komentar, Terima Kasih.

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]