Jangan Mudah Terprovokasi? Perhatikan Tanggal Link Berita Basi Sebelum Dibagi ke Relasi

Di zaman smartphone sekarang ini, ada saja orang yang memanfaatkan kecerdasannya untuk memprovokasi pengguna smartphone khususnya, yang kebanyakan mereka memang menghabiskan nikmat hidup ini untuk berselancar bebas di dunia maya, mereka dipancing untuk share berita yang sebenarnya sudah basi dan bisa jadi kasusnya sudah ditutup atau apalah, karena mudah termakan isu akhirnya disebarlah berita itu di media sosial. Padahal -sekali lagi- beritanya bisa jadi sudah lama sekali dan sudah kadaluarsa sehinga tidak perlu dibahas lagi, kecuali hanya sekedar mencari sensasi, mengorek kembali luka lama agar tidak sembuh dan pulih.

Mari menjadi tukang copas dan share link berita yang cerdas, perhatikan tanggalnya! apa benar beritanya uptodate? masih fresh? masih segar? atau jangan sampai karena hanya kebetulan baru kita baca dan temukan, lalu kita mengira itu berita terbaru?!?

Perhatikan tanggal berita! yang hampir semua web portal berita menampilkan kapan tanggal dan jam berita tersebut diliput dan dipublikasikan. Nach! yang menjadi pertanyaan bagaimana kalau ada situs web yang tidak mencantumkan tanggal dan jam berapa artikelnya ditulis dan diposting? Sebenarnya ada banyak cara dan trik untuk mengetahui kapan artikel blog atau web itu dibuat, dan sudah banyak pula blogger yang mengulasnya.

Cara Pertama untuk Mengetahui Bulan dan Tahun Posting Blogger
Ketika melihat judul berita dari satu link di FB misalnya, secara sederhana arahkan kursor ke atas link dan lihat sudut kiri bawah monitor anda, maka disitu terlihat link yang sebenarnya, dari link tersebut sudah bisa kita tebak kapan berita tersebut diposting jika linknya berasal dari blogger. Karena link postingan blog yang berplatform blogger menampilkan bulan dan tahun penerbitan. Sebagai contoh:
  1. lihat link postingan ini di address bar! atau perhatikan contoh kedua dibawah:
  2. http://www.zainalm.com/2016/09/cara-cek-tagihan-listrik-jangan-sampai.html

Cara Mengetahui alamat LINK URL artikel

Cara Kedua untuk Mengecek tanggal halaman web atau artikel
Bagaimana kalau linknya bukan dari blogger dalam artian tidak nampak kapan artikel tersebut terbit jika hanya melihat linknya saja? atau biasanya kalau sudah disahre di medsos seperti di FB linknya sudah tidak nampak atau sengaja dihapus? Kalau seperti ini kendalanya, silahkan baca dan perhatikan baik-baik beritanya, biasanya ada tanggal penerbitan dibagian atas, kalau tidak ada berikut ini cara untuk melacaknya.
  1. Copi linknya dengan cara klik kanan >> salin lokasi tautan kemudian paste link tersebut di kotak pencarian gugel, tekan enter;
  2. Jika tanggal bulan dan tahunnya belum nampak, tambahkan dibagian akhir alamat link url yang terdapat di address bar kode berikut ini : &as_qdr=y15 
  3. Enter

Cara Mengetahui umur artikel melalui LINK URL

Cara Ketiga untuk Mengetahui Kapan Sebuah Tulisan di Post pada Sebuah Website
Cara kedua diatas bisa disederhanakan dengan memanfaatkan tab opsi yang ada dibagian bawah kotak pencarian gugel, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:
  1. Klik Alat penelusuran (Search tool)
  2. Klik sembarang waktu (any time) lalu centang "setahun terakhir"
  3. Atau pilih rentang tertentu (Custom range), misalnya masukkan rentang tahun 2010-2016
  4. Enter

Cara Mengetahui umur artikel melalui LINK URL | search tool

Bagaimana? Sudah bisakan mengetahui umur dari judul berita yang diposting seseorang dengan niat berbagi dan atau bahkan untuk memprovokasi?!?!

Jika didalam tutorial diatas masih ada yang belum dipahami, bisa ditanyakan di kolom komentar, atau pelajari beberapa link sumber rujukan kami dibawah ini:

http://napetis.blogspot.co.id/2015/07/cara-mengetahui-kapan-sebuah-tulisan-di.html
http://elevenmillion.blogspot.co.id/2010/02/mengecek-tanggal-halaman-web-atau.html
http://lihatblogpemula.blogspot.co.id/2015/07/bagaimana-cara-mengetahui-tanggal-bulan.html

Ok, itu aja dulu, semoga bermanfaat.

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]