Cara Mengatasi Windows 7 Error Tidak Bisa Logon

Komputer tidak bisa log on padahal password yang dipakai sudah dimasukkan dengan benar bahkan sudah coba di-input berulang-ulang, tetap saja error tidak bisa log on. Awalnya sich, teringat tempat saya membeli laptop ini, tentu dia bisa mengatasi kalau hanya error semacam ini, namun karena sesuatu dan lain hal yang sangat kuat menghalangi saya untuk kesana, maka saya berusaha dengan sekuat tenaga mencari opsi yang lain selain harus kesana menemuinya, dan alhamdulillah akhirnya saya mendapatkan petunjuk berupa ilham untuk mencoba mencari solusi di google. Walhasil cara mengatasinya ketemu dan masalah windows 7 yang error tidak bisa log on akhirnya teratasi. Sebagai bentuk terima kasih kepada penulis maka artikelnya saya salin dan pindahkan disini beserta link aktif ke blog sumber aslinya. Berikut hasil copas-nya :

Cara memperbaiki Failed the Logon User pada Windows 7 “User Profile Cannot Be Loaded”

17 Mei 2014 by norma07dp

Beberapa minggu yang lalu saya mengalami masalah tidak bisa login Windows 7, pesan errornya adalah “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded”, pilihannya cuma bisa shutdown atau restart. Jika restart windows maka tidak mengatasi masalah tersebut. Nah jika kamu mendapatkan masalah tersebut, berikut langkah yang harus Anda lakukan… Install ulang atau Repair bukanlah jalan satu-satunya yang bisa mengatasi permasalahan yang timbul pada laptop atau komputer Anda. Masih ada cara lain jika Anda bisa berusaha mencari tahu untuk memperbaikinya sendiri. Karena saya telah berhasil melakukannya.

Masalah login yang error ini merupakan permasalahan umum yang sering ditemui oleh pengguna komputer. Penyebab dari masalah tersebut bermacam-macam, mulai dari komputer yang terjangkit virus, file-file yang korup, hingga tidak sengaja ada file penting mengenai akun profil anda yang terhapus. Jika tidak segera ditangani Anda bisa stres merasakannya karena Anda tidak bisa melakukan apa-apa dengan komputer Anda. Intinya, error ini timbul di karenakan Windows tidak bisa membaca user profile dengan benar pada saat melakukan log on.

Sebenarnya Windows sudah memperkirakan hal ini bakal terjadi, terbukti dengan adanya fasilitas untuk perbaikan masalah itu. Ada dua cara untuk memperbaiki masalah ini :
  1. Menggunakan fasilitas Repair Your Computer yang akan memperbaikinya secara otomatis.
  2. Menggunakan fasilitas Registry Editor yang dilakukan secara manual.

Namun yang cara kedua yang dapat saya berikan penjelasan lebih detil dan cara ini juga lebih mudah untuk digunakan, nah berikut ini caranya :
  1. Restart Windows dan tekan F8 untuk masuk ke Safe Mode.
  2. Pada safe mode kita bisa login, silakan lakukan login dengan password anda sendiri yang sebelumnya.
  3. Pada desktop klik start menu, search, buka ke registry editor, ketik regedit – enter untuk membuka program Registry Editor.
  4. Setelah masuk ke Registry Editor, eksplore masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE >> SOFTWARE >>Microsoft >> Windows NT >> CurrentVersion >> ProfileList.
Registry Editor | HKEY_LOCAL_MACHINE >> SOFTWARE >>Microsoft >> Windows NT >> CurrentVersion >> ProfileList.
Registry Editor
  1. Tampak ada dua folder yang dengan nama berawalan S-1-5 (SID key) diikuti dengan nomor panjang. Namun bedanya, yang satu berakhiran .bak dan yang satu lagi tidak berakhiran .bak.
  2. klik kanan dan pilih rename pada folder tanpa .bak, tambahi akhiran .bk pada folder tersebut.
  3. klik kanan dan pilih rename pada folder yang berakhiran .bak, buang/hapus akhiran .bak tersebut.
  4. Pilih folder tanpa .bk, pada panel sebelah kanan double klik RefCount dan ketik 0 (baca angka nol) pada value data kemudian klik OK.
Edit DWORD [32-bit] value | Value name: RefCount | Value data: 0
Value name: RefCount | Value data: 0
  1. pada folder tanpa .bk, pada panel sebelah kanan double klik State dan ketik 0 (baca angka nol) pada value data kemudian klik OK.
Edit DWORD [32-bit] value | Value name: State | Value data: 0
Value name: State | Value data: 0
Registry Editor
Registry Editor
  1. Jika sudah selesai, silakan close program Registry Editor dan restart sistem computer anda. Lalu silakan login seperti biasanya.

Semoga Berhasil!! ^_^

Bagaimana pembaca sekalian, cara diatas berhasilkan?, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan langsung ke blog sumber asli artikel diatas!.

Sumber : Cara memperbaiki Failed the Logon User pada Windows 7 “User Profile Cannot Be Loaded”

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]