Cara Menge-Cek dan Memper-Cepat Loading Blog

Blog ini masih sangat muda dari segi usia dan konten tapi ternyata loadingnya sudah sangat lamban dibandingkan dengan blog-blog yang lain yang lebih tua dengan seabrek konten.

Secara umum lambat loading itu karena ukuran size dari blog itu sendiri, apalagi kalau sampai menunjukkan angka lebih dari 150kb, maka sebaiknya kurangi atribut pada blog baik berupa widget ataupun berupa javascript.

Untuk mengetahui seberapa cepat loading blog anda silahkan gunakan tool berikut ini...

Masukkan URL web/blog (maksimum 10) (contoh: http://zainalmst.blogspot.com)
Perhatikan hasilnya, apakah cukup memuaskan..???

Untuk mempercepat loading blog ada banyak cara yang bisa ditempuh diantaranya sebagaimana disebutkan sebelumnya yaitu dengan mengurangi ukuran size blog tersebut, ada juga cara lain yang cukup signifikan mempercepat loading blog, bagaimana caranya..???

Caranya sangat mudah, cukup dengan meng-Copy Paste kode berikut ini di template blog anda,


Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini..
  1. Login ke Blogger,
  2. Klik Template,
  3. Klik Edit HTML,
  4. Klik Lanjutkan,
  5. Cari kode </head> dengan cara tekan ctrl+F di keyboard 
  6. Copy kode di atas dan letakkan di atas kode </head>
  7. Klik Pratinjau
  8. Setelah klik Pratinjau, tampilan blog anda ternyata "rusak" ada yang "cacat" silahkan klik Kosongkan Hasil Edit terus klik Simpan Template, hal ini berarti bahwa tips dan trik ini tidak cocok diterapkan pada template blog anda.
  9. Namun jika tampilan blog anda tak ada yang janggal alias baik-baik saja silahkan klik Simpan Template,
  10. Terakhir silahkan cek kembali kecepatan loading blog anda dengan menggunakan tool diatas untuk mengetahui apakah blog anda telah berhasil dikurangi waktu loadingnya.

Demikianlah cara untuk mengetahui kecepatan loading blog dan cara mempercepat serta mengurangi waktu loadingnya, semoga bermanfaat.

Sumber :

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]