Cara Blokir Undangan Group Facebook [Lengkap dengan Gambar]

Bagiku facebook hanya sekedar media untuk berhubungan dengan manusia luar, itupun dalam urusan-urusan tertentu yang intinya untuk memudahkan urusanku sendiri ketika ber-urusan dengan mereka yang dekat apalagi jauh disana. Seperti dalam urusan jual beli, kronologiku bisa dibilang hanya berisi link-link produk yang saya jual, hampir-hampir tidak kita dapatkan status yang sengaja diketik, karena semuanya otomatis dikerjakan oleh robot. Makanya pada suatu hari ada teman dari Soppeng yang datang ke Selayar, karena melihat media sosial yang saya kelola kelihatannya aktif di update setiap hari, diapun mencoba mengirimkan pesan, tapi karena lama tidak ada balasan akhirnya mencari dan mendapatkan nomor HP-ku lalu menghubunginya, pembicaraanpun berlangsung. Disela-sela pembicaraan, dia bertanya dengan nada keheranan, kenapa pesannya tidak dibalas?! sementara status selalu up to date?! Ya seperti itulah saya dengan media sosial di dunia maya, kelihatannya eksis namun hakekatnya tidak seperti yang terlihat di dunia maya. Namun demikian Saya tetap menyimpan data profil dengan lengkap agar mudah dihubungi dan dicari di dunia nyata.

Facebook hanya media untuk memudahkan urusan, semisal jual beli sebagaimana yang saya sebutkan diatas. Untuk urusan membeli produk herbal untuk dikonsumsi sendiri dan atau untuk dijual kembali, sebagian toko online juga memberikan kemudahan untuk belanja online cukup dengan login pakai akun facebook, contohnya Berkah Herbal.


Mungkin karena alasan ekonomi [baca:bisnis-jual beli] inilah yang membuatku memiliki akun FB, namun beberapa hari belakangan ini, ada yang mengganjal di notifikasi, yang selalu muncul tiap hari, bahwa si fulan telah menambahkan anda ke dalam group ini dan itu. Setelah diperhatikan, ternyata group tersebut sebenarnya tidak pantas ada di facebook atau minimal tidak pantas kita menjadi anggota group tersebut.

Cara Blokir Undangan Group Facebook

Sampai diturunkannya postingan ini, pihak FB belum memberikan cara untuk memblokir undangan masuk ke dalam group tertentu secara otomatis tanpa izin pemilik akun, oleh karena itu untuk sementara kita harus bersabar dan melakukan pemblokiran terhadap group tersebut agar group tersebut bisa ditinjau kelayakannya oleh FB dan minimal kita keluar dan tidak di invite lagi untuk masuk ke dalamnya. Berikut ini beberapa langkah yang harus ditempuh agar bisa keluar dengan selamat dari group tersebut dan memblokir seumur hidup undangan dari siapapun untuk masuk kembali ke dalam group tersebut :

Pertama :
Masuk ke link group yang dimaksud lalu, klik titik tiga yang terdapat disebelah kanan "Pemberitahuan"

Kedua :
Klik "Laporkan Group"


Ketiga :
Pilih salah satu opsi jawaban dari pertanyaan : "Apa yang salah dengan group ini?

Keempat :
Klik Lanjutkan


Kelima :
Laporan "Selesai"


Keenam :
Arahkan kursor ke "bergabung" yang terletak di sebelah kiri "Pesan"

Ketujuh :
Klik Keluar dari group


Kedelapan :
Centang "Cegah anggota lainnya menambahkan Anda kembali ke dalam group ini"

Kesembilan :
klik "Keluar dari Group"


Demikian sembilan langkah jitu untuk keluar dari group tertentu dan tak akan ada yang bisa mengundang kembali masuk ke dalam group tersebut, dan semoga Pihak FB segera membuat opsi pengaturan privasi agar kita tidak dapat langsung dimasukkan ke dalam group tertentu tanpa persetujuan sebelumnya.

Tips Pamungkas
Jika orang yang menambahkan anda ke dalam group tersebut, masih saja menambahkan anda ke group lainnya, maka langkah terakhir adalah dengan mem-blokir akun orang tersebut, siapapun orangnya, karena sesungguhnya akun Facebooknya sudah diluar kendali si pemilik asli dan berpindah ke tangan hacker.

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]